Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Pada Blog WordPress

lupa password wordpress

Di #JamanNow ini sudah umum kalau kita punya banyak akun email, blog, media sosial macam Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lain-lain. Jadi lupa password itu adalah kejadian yang wajar. Apalagi jika setiap akun punya password yang berbeda.

Terus terang saja, saya tadi juga lupa username dan password saat hendak login ke blog ini. Tadinya pengin menulis artikel yang lain, tapi akhirnya malah kepikiran untuk menulis artikel ini.



So, ada beberapa cara untuk mengatasi lupa password di blog wordpress, jadi gak usah panik kalau kamu lupa password blog kamu. Secara default, wordpress sudah menyediakan fitur “Lost Your Password?” buat kamu yang pelupa.

Lupa Password

Boleh dicoba. Jika fitur tersebut dapat menyesaikan masalahmu, ya Alhamdulillah. Kalau ternyata gak ada email baru yang masuk ke inbox-mu, seperti kasus saya, maka cara alternatifnya adalah mengganti paksa password lewat CPanel.

Nah, makanya trik ini hanya berlaku untuk self-hosted wordpress, dan kamu harus punya akses ke CPanel hosting. Kalau kamu tidak punya akses ke CPanel maka satu-satunya cara adalah menghubungi customer support di mana kamu beli web hosting.

Berikut langkah mengganti password wordpress melalui CPanel:

  1. Login ke CPanel, lalu buka halaman phpMyAdmin.
  2. Klik tanda “+” (expand) di depan database wodpress-mu, lalu klik table “xxxx-users”. Pada halaman sebelah kanan akan terlihat username, email, dan password. Tapi password tersebut sudah diacak (encrypt) dengan metode MD5. Perlu diketahui, metode pengacakan MD5 adalah one-way encryption, artinya teks yang sudah diacak dengan metode ini tidak dapat dikembalikan ke teks awalnya.

    phpMyAdmin WordPress database

  3. Berhubung password yang lama sudah tidak diketahui, maka lupakanlah. Kini saatnya menggantinya dengan password yang baru. Buka situs MD5 generator, misalnya situs ini. Lalu masukkan password baru yang kamu inginkan pada kolom teks (string). Kode hasil pengacakannya akan terlihat di bawahnya. Copy kode tersebut.

    MD5 Generator

  4. Kembali ke phpMyAdmin, klik “Edit” pada user yang ingin kamu ubah passwordnya. lalu masukkan kode hasil pengacakan tadi pada kolom “user_pass”. Lalu klik “Go”.

    Update Password

     

  5. Penggantian password sudah selesai. Tutup halaman CPanel.

Sekarang coba login lagi ke blog wordpress-mu. Seharusnya dengan username dan password yang baru kamu sudah bisa login dengan sempurna.



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *